Selasa, 14 April 2009

DNA kita

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Robbana Maa Khalaqta haaza batiila, subhanaka faqiina 'azabannar
Subhanallah, Maha suci Allah yang telah menciptakan langit dan bumi ini dan semua yang ada didalamnya tanpa sia sia.
semakin direnungkan hidup ini semakin banyak hal yang membuat kita takjub.
Ingin tahu dahsyatnya tubuh kita kita maka saya akan ajak anda berhitung :

- Dalam setiap kg tubuh kita ini Allah telah meletakan 1 trilyun sel, jadi bayi yang baru lahir sel yang dibawanya sudah sekitar 3 trilyun sel.
bayangkan aja tubuh anda yang sekarang bobotnya 60kg, berarti anda membawa 60 trilyun sel setiap saat dan punya mekanisme on/off dalam waktu singkat, dan lebih dahsyatnya lagi ternyata setiap sel tersebut mengandung gen yang sama.

ternyata tubuh kita ini terdiri dari 3milyar huruf huruf kimia yang semua tersimpan dalam untai untai mikroskopik yang punya berat 1/200milyar gram dan lebar hanya 1/500.000mm namun kalo direnggangkan punya panjang sekitar 3 m.

dan uniknya jika anda mengumpulkan semua DNA dari seluruh populasi dunia yang berjumlah enam miliar orang ini, maka kumpulan DNA tersebut hanya akan menjadi seberat satu butir beras

yang mencengangkan lihat baik baik kalimat berikut ini :
" sesungguhnya lebih dari 90 persen gen manusia persis sama dengan gen tumbuhan . organisme bersel satu seperti lumut lumutan atau bakteri E.coli bekerja sesuai prinsip dasar yang sama dengan manusia, yang terdiri dari lebih dari enam puluh trilyun sel.


dan semua DNA tersebut" hanya" terdiri dari 4 jenis asam amino yaitu
1. Adenin (A)
2. tirosin (T)
3. Guanin ( G)
4. Sitosin (S)


informasi yang terkandung dalam tubuh kita ini dikenal dengan informasi genetik sepadan dengan tiga miliar huruf kimia dan jika dicetak dalam bentuk buku maka akan menjadi 3000 buku yang masing masing memiliki 1000 halaman

cukup ?
banyak lagi yang lebih spektakuler...

Allahu Akbar

1 komentar:

  1. salam tn doktor....mau bnyk lagi info.....enggak cukup maklumatnya tuh..terima kasih...

    BalasHapus