Selasa, 22 November 2011

Bekam

Alhamdulillah..lama nggak nulis di blog ini, sekarang akhirnya nulis lagi deh..
Bekam...itu salah satu yang membuat saya jatuh cinta pada Dunia Pengobatan Islam atau yang temen temen sering katakan namanya THibbun Nabawi.

Kalau mau bicara bekam jangan bicara apapun dulu sebelum kita bicara haditsnya, kenapa?
karena kalau bicara hadits dulu maka selanjutnya akan jauh lebih menyenangkan,karena sudah sefahaman dulu, sehingga yang nuansanya akan jauh lebih menyenangkan.
Inilah yang biasanya saya lakukan, jika saya diminta mengisi seminar, pelatihan atau yang lainnya, kalau yang dibicarakan itu adalah bekam.

Kenapa saya memilih untuk bicara hadits dulu, alasan utama nya adalah bahwa kita sebagai umatnya Rasulullah mengakui bahwa Rasulullah adalah manusia yang setiap lisannya adalah kebaikan dan bersumber dari Allah,jika kita cermati hadits Bekam, hamir semuanya adalah hadits shohih !!

Kalau sudah begitu, maka jelas bagi kita untuk mempercayai dulu ini,meski tanpa bukti, setuju?
Rasulullah bersabda: "Sebaik baik pengobatan yang kalian lakukan adalah Hijamah atau Bekam"

Kalau sudah begini, mungkin jangan lagi membantah deh, bahaya, kalau kita bantah berarti kita meragukan Rasulullah..bukankah begitu analoginya?

Jadi kalau bicara bekam dalam aspek hadits, maka tiada jalan lagi bagi kita selain mempercayainya dengan mutlak,tanpa mempertanyakannya dengan berbagai latar belakang keilmuan qt.

Jadi itu dari sisi ketauhidan, nah sekarang sebenarnya dari sisi keilmuan gimana?
Banyak aspek yang bisa kita lihat dan kita bisa bahas mengenai bekam ini,kita akan mulai dari aspek modern dulu ya..siap siap nih.( bersambung)

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum wrwb,
    Apa bisa kami mengundang Dokter sebagai pembicara utk sosialisasi halal obat dan makanan? Kami ada rencana untuk menyelenggarakan acara tsb tapi di daerah lawang-malang-jatim. Bagaimana cara kami menghubungi Dokter? Atau dokter punya relasi sesama dokter yang memiliki visi-misi sama dengan Dokter di daerah malang, jika Dokter tidak bisa ke daerah kami, terima kasih (yoga-hpa)

    BalasHapus